Seks Usia Dini Pacu Kanker Serviks

Klinik Tramedica | 23.18.00 |

Belum lama ini Banjarmasin Post merilis, betapa bahayanya melakukan seks di usia dini. Dari data Data Globocan dari WHO disimpulkan, tindakan tersebut bisa memicu kanker serviks.

Kanker serviks atau leher rahim adalah salah satu jenis kanker yang prevalensinya paling tinggi
di dunia, termasuk di Indonesia. Data Globocan dari WHO memperkirakan, di dunia setiap satu
menit ada satu kasus baru kanker serviks dengan kasus kematian setiap dua menit. Sementara di
Indonesia, 41 kasus baru terjadi setiap harinya dengan 20 kematian.

Kendati prevalensinya tinggi, namun menurut spesialis kebidanan Fitriyadi Kusuma, sebenarnya
kanker serviks sangat dapat dicegah yaitu dengan menghindari faktor risikonya yaitu tidak
berhubungan seks di usia belia, atau di bawah 17 tahun.

Menghindari seks di usia terlampau muda, tidak berganti-ganti pasangan, dan tidak merokok
adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjauhkan risiko kanker serviks ujar dokter dari
Divisi Ginekologi dan Onkologi, Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran
Universitas Indonesia.

Fitriyadi menjelaskan, berhubungan seks di usia belia menjadi faktor risiko karena organ-organ
reproduksi yang belum berkembang sempurna. Hal itulah yang menjadikannya rentan
mengalami lesi atau luka ketika berhubungan seksual.

Human papilloma virus (HPV), penyebab kanker serviks, lebih mudah masuk dan menginfeksi
jaringan kelamin yang akan berkembang menjadi kanker di kemudian hari. Selain itu, karakter
HPV sendiri lebih mudah berkembang di jaringan yang masih muda.

HPV lebih menyukai jaringan yang licin dan halus yang umumnya dimiliki oleh organ
reproduksi yang masih muda. Itulah kenapa remaja yang berhubungan seks lebih rentan
terinfeksi HPV,ujarnya.

Sementara itu, konsultan di Pengobatan Tramedica Banjarmasin Wiwie Suhartini,
mengemukakan, banyak perempuan di Kalimantan Selatan yang berobat ke Tramedica dengan
keluhan kanker di seputar organ reproduksi.

“Pasien semakin banyak yang datang jika Ibu Ratu atau asistennya yang langsung dari Jakarta
berpraktek di sini,” katanya sembari menyebutkan rencana kunjungan pusat ke Banjarmasin pada
hari Senin tanggal 18 Juli 2016.

Pengobatan Tramedica Banjarmasin beralamat di Perumahan BunYamin Residence (Pal 7,6)
Blok B-117 (Belakang Bundamart), Banjarmasin, Kalsel. Telp: 081351728227. (***)

,