Bila Kista Ovarium Pecah, Ini yang Terjadi

Klinik Tramedica | 20.14.00 |

Kista ovarium merupakan sebuah massa yang berisi cairan. Pada kasus tertentu, kista ini dapat pecah dan
terburai di dalam ovarium, sehingga diperlukan
tindakan khusus untuk menangani-
nya. Anda yang mengalaminya mungkin harus minum obat penghilang rasa sakit, atau Anda bisa juga memerlukan operasi untuk membersihkan pecahan kista.

Ovarium wanita merupakan sepasang organ berbentuk oval dan berukuran kecil, yang terdapat di bagian bawah perut wanita. Sekali sebulan, salah satu ovarium wanita akan melepaskan sel telur dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron. Inilah penentu terjadi tidaknya kehamilan pada seorang wanita, siklus menstruasi wanita serta membantu mengatur pertumbuhan payudara pada wanita yang memasuki masa dewasa.

Penyebab dari terbentuknya kista dalam ovarium sendiri cukup beragam, meski rata-rata tidak memiliki bahaya apapun. Kista yang pecah di dalam ovarium memang biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Jika pun muncul gejala, hanya berupa gejala ringan saja dan bisa diatasi dengan konsumsi obat penghilang rasa sakit. Kista dapat dideteksi dengan melakukan pemindaian di area perut.

Hanya pada kasus tertentu saja kista yang pecah dapat menyebabkan timbulnya gejala kesehatan yang lebih serius, mulai dari rasa sakit di perut bagian bawah dan terjadinya pendarahan. Jika gejala-gejala ini dialami, diperlukan penanganan secepatnya dari dokter dan Anda mungkin harus menginap di rumah sakit selama beberapa hari dengan jarum infus yang mengalirkan cairan. Biasanya, operasi hanya diperlukan jika terjadi pendarahan dalam dan dokter akan membius pasien kista pecah.

Lalu mengontrol pendarahan, serta membersihkan gumpalan darah atau cairan lain yang masih tertinggal. Selanjutnya, dokter akan membersihkan kista atau melakukan pengangkatan ovarium seluruhnya.

Kista dalam ovarium jarang sekali pecah dan membahayakan nyawa orang yang mengalaminya. Namun, kista memang berpotensi pecah jika orang yang memilikinya menjalani olahraga dan aktivitas fisik yang terlalu intens serta berat. Selain itu, orang yang memiliki kondisi kesehatan yang membuat dirinya mudah mengalami pendarahan juga harus mewaspadai hal ini, karena pendarahan dalam dapat menjadi serius jika tidak segera ditangani.

Jenis kista yang paling mungkin pecah dan terburai di dalam ovarium adalah jenis functional cysts, atau kista yang terjadi hanya pada wanita yang masih aktif menstruasi dan belum mengalami menopause. Sebab dari terbentuknya kista ini adalah adanya sel telur yang tidak dilepaskan dari ovarium saat ovulasi terjadi.

Jika jenis kista yang mengalami perpecahan adalah jenis kista kompleks, penyebab seperti hilangnya darah dalam jumlah banyak sehingga tekanan darah bertambah rendah dan laju jantung semakin cepat, adanya demam dan timbulnya gejala yang berhubungan dengan adanya kemungkinan kanker dapat terjadi. Kondisi ini memerlukan rawat inap di rumah sakit untuk membantu dokter mengontrol dan memonitor level sel darah merah serta untuk mempermudah dilakukannya tes-tes berulang seperti ultrasound dan lainnya.