Cegah kanker pankreas dengan 7 makanan ini

Klinik Tramedica | 20.03.00 |

Pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang lambung dan di depan tulang belakang. Pankreas memainkan peranan penting dalam kesehatan pencernaan Anda. Sebab pankreas akan menghasilkan enzim pencernaan yang membantu untuk memecah makanan. Selain itu pankreas juga akan menghasilkan insulin yang bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan hormon lainnya.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, pankreas juga bisa memiliki potensi untuk terkena kanker karena kerusakan DNA. Sayangnya begitu pankreas Anda terkena kanker, maka sel kankernya akan dengan cepat menyebar. Namun sebelum hal buruk tersebut terjadi Anda bisa mencegah kanker pankreas
dengan mengonsumsi makanan sehat. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah daftar makanan yang bisa membantu Anda dalam mencegah kanker pankreas.

Bawang putih
Bawang putih adalah rempah-rempah yang secara efektif mampu mencegah Anda dari penyakit pankreas. Sebab bawang putih mengandung sulfur, belerang, flavonoid, selenium, dan arginin yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu bawang putih juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah peradangan bebas penyebab kanker.

Jamur
Jamur tak hanya memiliki rasa yang enak namun juga mampu mencegah penyakit kanker pankreas. Hal ini disebabkan karena jamur memiliki zat alami yang dapat mencegah peradangan penyebab bertumbuhnya sel kanker. Selain itu pasien kanker yang sedang dalam masa kemoterapi pun juga disarankan untuk banyak makan jamur.

Bayam
Sayuran hijau sudah tak diragukan lagi memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh terutama mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena bayam kaya akan zat besi dan vitamin B yang dapat mencegah peradangan penyebab kanker.
Brokoli
Selain bayam, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran pencegah kanker pankreas. Tingginya kandungan senyawa anti kanker yakni sulphoraphane inilah yang dapat membunuh sel kanker. Selain kanker pankreas, brokoli juga mampu mencegah berbagai penyakit kanker lainnya seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

Ubi jalar
Ubi merupakan makanan yang tinggi akan vitamin C dan beta karoten. Kedua zat ini baik untuk mencegah kanker pankreas.

Yogurt
Tahukah Anda bahwa makan yogurt ternyata juga baik untuk mencegah kanker pankreas? Bonusnya, jika Anda rajin makan yogurt maka kesehatan pencernaan Anda juga bisa terjaga.

Ceri
Ceri adalah buah segar yang tinggi akan zat antioksidan dan senyawa alami yang disebut dengan alkohol perillyl. Kedua zat ini baik untuk mencegah kanker pankreas.

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga bisa mencegah timbulnya penyakit kanker pankreas dengan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, menghindari stres, serta menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Sumber : Merdeka.com