Mengenal Kanker Prostat

Klinik Tramedica | 20.48.00 |

Apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah keganasan umum pada pria, dan merupakan yang terbesar keenam di dunia kanker. Kanker prostat terutama oleh hasil pertumbuhan sel yang abnormal teratur dari gelembung prostat. Insiden meningkat dengan factor usia, periksa kanker prostat pada orang berusia lebih dari 80 tahun, setengahnya ditemukan lesi kanker. Namun, banyak pasien kanker prostat tanpa gejala sepanjang hidup mereka, tidak pernah melakukan pengobatan, dan juga bukan meninggal karena kanker prostat.
Apa yang menyebabkan kanker prostat?
Penyebab kanker prostat belum jelas. AS melaporkan bahwa gen kanker adalah penyebab utama kanker prostat, virus ini juga merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu, sekresi hormon seks usia remaja kehidupan seksual yang dini berlebihan, penyakit menular seksual, dan faktor genetik yang berhubungan dengan kejadian kanker prostat.

Penentuan Stadium Kanker Prostat

Stadium kanker prostat dimaksudkan untuk memandu pilihan pengobatan dan evaluasi prognostik, penentuan stadium Jewett dan TNM.
Penentuan Stadium Jawett:

Stadium A: baik kanker prostat stadium A1 atau A2, lesi kanker terbatas pada prostat, tidak ada penyebaran lokal atau jauh, tidak mudah untuk mendeteksi klinis. Karena sebagian besar kondisi pasien stabil, hanya sekitar 1% kemungkinan untuk meninggal akibat kanker. Oleh karena itu, umumnya tidak mendukung operasi radikal atau terapi radiasi, prostat endokrin. Untuk memilih "menunggu waspada". Tetapi perhatikan, harus diawasi secara ketat, untuk menghindari pengembangan lebih lanjut dari penyakit ini.

Stadium B: kanker lidah stadium B pada dapat dibagi menjadi B1, B2 dua periode. Tumor lengkap terbatas pada prostat, gejala mungkin tidak jelas, tetapi dengan pemeriksaan dubur dapat ditemukan. Masa pengobatan prognosis yang baik.

Stadium C: stadium C1: jaringan kanker tidak menginvasi vesikula seminalis, C2: menginvasi vesikula seminalis atau organ panggul lainnya. Gejala klinis stadium C, seperti disuria, gangguan seksual. Prognosis buruk, tetapi dapat memperlambat perkembangan penyakit melalui pengobatan untuk meringankan gejala dan memperpanjang kelangsungan hidup.

Stadium D: juga dikenal sebagai kanker metastatik. Selama periode ini berarti bahwa kanker telah menyebar ke bagian lain, seperti ke tulang dan kelenjar getah bening yang paling mungkin telah tersebar. Stadium ini prognosis buruk.

Penentuan stadium TNM: kanker prostat dapat dibagi menjadi stadiumⅠ, Ⅱ, Ⅲ, Ⅳ total empat stadium.
Bagaimana cara mencegah kanker prostat?

Pencegahan positif merupakan cara penting untuk memastikan kesehatan yang baik. Pria paruh baya, khususnya, harus waspada, perhatikan perubahan dalam tubuh, dan menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala, dapat melakukan pencegahan terjadinya penyakit dan pengembangan penyakit.

1.Berhenti merokok, dan mengkonsumsi alkohol dengan sewajarnya saja.

2.Kacang yang mengandung lycopene, selenium dapat bermanfaat melawan kanker prostat, bisa makan lebih banyak.

3.Pria usia di atas 50 tahun, setahun harus melakukan skrining kanker prostat, termasuk tes darah, pemeriksaan dubur.

4.Keteraturan hidup: Kehidupan seks teratur tidak hanya akan mengurangi kejadian kanker prostat, tetapi juga untuk meningkatkan perasaan antara suami dan istri, menguntungkan kesehatan fisik dan mental. Ingat kehidupan seks tidak bisa terlalu sering atau terlalu sedikit.