Awas, radiasi ponsel bisa memicu kanker hingga penyakit otak!

Klinik Tramedica | 20.48.00 |

Radiasi dari perangkat nirkabel seperti ponsel dan tablet telah dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan, mulai dari kanker hingga penyakit otak seperti Parkinson dan Alzheimer.

Radiasi menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh atau biasa disebut stres oksidatif. Dan stres oksidatif memiliki ikatan yang erat dengan penyakit degeneratif, khususnya kanker.

"Setelah terpapar radiasi perangkat nirkabel dalam waktu lama, seseorang kemungkinan besar mengalami gangguan-gangguan kecil seperti sakit kepala, kelelahan, dan iritasi kulit," kata Dr Igor Yakymenko dari National Academy of Sciences Ukraina.
Dia juga mengatakan kepada New York Daily News bahwa menggunakan ponsel hanya 20 menit sehari selama lima tahun dapat meningkatkan risiko tumor otak hingga tiga kali lipat. Dan menggunakan telepon satu jam sehari selama empat tahun, menurut Igor, bisa menaikkan risiko tumor otak tiga sampai lima kali lipat.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Electromagnetic Biology & Medicine. Ini dianggap sebagai penelitian terbaru dalam upaya mengeksplorasi keamanan dalam menggunakan ponsel.