Awas, ancaman kanker mengintai mereka yang sering lembur!

Klinik Tramedica | 20.51.00 |

Apakah Anda seorang pekerja dan pekerjaan Anda cenderung meminta Anda untuk bekerja hingga larut malam atau lembur? Jika ya, maka berhati-hatilah! Sebab ancaman kanker bisa mengintai Anda.

Sebuah penelitian mengejutkan yang dilansir dari dailymail.co.uk mengatakan bahwa mereka yang sering kerja lembur memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker baik kanker prostat atau kanker payudara. "Jika selama ini pola hidup
tidak teratur karena kerja lembur yang dituding sebagai penyebab meningkatnya risiko kanker, maka kali ini penelitian ini menemukan bahwa meningkatnya hormon seksual yaitu estrogen dan testosteron di saat yang tidak tepat baik pada wanita dan pria menjadi penyebabnya," tulis penelitian dari Pompeu Fabra University di Barcelona. "Abnormalitas hormon inilah yang kemudian mengacaukan sistem tubuh Anda dan membuat risiko kanker meningkat.
"Penelitian ini mengambil sampel lebih dari 100 pekerja lembur yang kemudian kadar hormonnya diukur. Hasil tes menunjukkan bahwa peningkatan kadar hormon testosteron mereka meningkat di waktu antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 dini hari dari yang seharusnya pada pukul 6 pagi hingga 10 pagi."