5 Tanda serangan kanker usus besar yang jarang disadari

Klinik Tramedica | 20.54.00 |

Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang kasusnya saat ini banyak terjadi. Dulu kanker usus besar biasanya hanya dialami mereka yang berusia lanjut.

Namun saat ini sudah banyak anak muda yang terkena kanker ini. Salah satu penyebabnya yang paling umum adalah pilihan makanan yang
tidak sehat. Ya, makanan yang rendah serat serta terlalu banyak bahan kimia di dalamnya mampu menempatkan Anda dalam risiko besar untuk terkena kanker usus besar.Umumnya penyakit kanker usus besar baru didiagnosis setelah Anda melakukan tes yang disebut dengan colonoscopy. Namun tidak ada salahnya pula bila Anda mewaspadai penyakit ini dengan mengetahui gejalanya seperti dilansir dari indiatimes.com berikut ini.
Darah dalam feses
Adanya darah dalam feses merupakan tanda utama dari kanker usus besar. Selain itu terjadi pula perubahan bentuk feses menjadi lebih cair.

Anemia
Karena adanya darah dalam feses, maka kemungkinan Anda pun akan kehilangan darah dalam tubuh Anda yang bisa berakibat anemia. Selain itu anemia juga mampu membuat kulit Anda pucat sebab suplai darah yang tidak maksimal.

Mudah lelah
Kelelahan yang terjadi pada penderita kanker usus besar sering diakibatkan karena pendarahan yang terjadi saat buang air besar. Selain mudah lelah, anemia juga akan membuat Anda lesu.

Penurunan berat badan
Seiring dengan anemia yang terjadi, pasien kanker usus besar juga akan kehilangan berat badan mereka secara drastis.

Rasa tidak nyaman di perut
Kram, nyeri, peradangan, serta rasa kembung di perut mampu menjadi beberapa tanda dari kanker usus khususnya kanker usus besar. Infeksi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut Anda.

Apakah Anda sering mengalami gejala di atas? Berhati-hatilah sebab itu bisa jadi tanda dari serangan kanker usus besar yang terjadi dalam tubuh Anda.