Empat Hal Sederhana yang Kurangi Risiko Kanker

Klinik Tramedica | 18.50.00 |

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Pemicunya tak hanya berasal dari faktor usia maupun keturunan, namun juga dipengaruhi gaya hidup dan beberapa kebiasaan yang bisa mendatangkan risikonya.

Namun, risiko penyakit kanker, ternyata bisa dikurangi, dengan melakukan kebiasaan yang sepele. Apa saja? Simak ulasannya seperti yang tercantum dalam laman Times of India.

Jangan dinginkan buah

Untuk menjaga kesegaran, beberapa dari Anda pasti seringkali menyimpan persediaan buah di lemari pendingin. Namun, sebuah penelitian menyatakan bahwa buah yang didinginkan mengandung zat pemicu kanker yang lebih banyak daripada buah yang didiamkan di suhu ruangan. Untuk itu, sebaiknya jangan menyimpan buah di lemari pendingin, agar risiko kanker bisa dicegah dan dikendalikan.

Dinginkan makanan sebelum disantap

Makanan panas, seperti daging yang digoreng dan dibakar, memiliki kandungan zat karsinogen, yang merupakan zat pemicu kanker. Makanan ini tentunya sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Namun, bahayanya bisa ditekan, dengan mengonsumsinya dalam keadaan dingin. Karena, mendinginkan santan panas bisa mengurangi zat bahaya yang dimilikinya, sehingga kanker menjauh.

Kurangi garam

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa garam memberikan 14 persen risiko terkena kanker usus. Untuk itu, sebaiknya kurangilah konsumsi garam dan gantikan perasa gurih dengan bumbu lain seperti bawang putih yang lebih menyehatkan.

Matikan lampu saat tidur

Tidur dalam keadaan gelap, ternyata bukan hanya bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Mematikan semua lampu saat tidur juga bisa menyelamatkan kita dari kanker payudara dan prostat. Hal ini karena, tidur dengan keadaan gelap dapat meningkatkan hormon melatonin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.