6 Gejala kanker yang tak boleh diabaikan wanita

Klinik Tramedica | 22.18.00 |

Deteksi dini bisa menolong penderita kanker dengan meningkatkan peluang kesembuhan. Sayangnya, sebagian wanita kerap mengabaikan gejala-gejala mencurigakan di tubuh mereka, sehingga kemudian peluang untuk sembuh menjadi semakin kecil. Ingin terhindar dari kanker? Nah, berikut adalah
enam gejala kanker yang tak boleh diabaikan wanita.

1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Anda kehilangan berat badan meskipun nafsu makan Anda normal? Atau, Anda telah kehilangan nafsu makan yang berlangsung lebih dari beberapa minggu tanpa menderita penyakit apa pun? Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

2. Plak putih di mulut yang tak kunjung sembuh

Jika Anda memiliki ulkus mulut atau plak putih di mulut yang tidak sembuh selama lebih dari 3 minggu, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Kesulitan dalam menelan

Jika Anda memiliki kesulitan dalam menelan makanan padat atau cairan, dan kondisi itu menjadi semakin buruk dalam beberapa minggu terakhir, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Pembengkakan di leher, ketiak atau pembengkakan abnormal lainnya

Pembengkakan yang terjadi di leher, kelenjar di ketiak atau pembengkakan abnormal lainnya dalam tubuh bisa menjadi tanda dari kanker. Benjolan yang disebabkan oleh kanker seringkali (tetapi tidak selalu) menimbulkan rasa sakit. So, segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Semua benjolan di payudara dan cairan yang keluar dari puting

Jika Anda menemukan ada benjolan atau cairan aneh yang keluar dari puting, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Itu bisa menjadi tanda dari kanker payudara atau tumor.

6. Perdarahan

Setiap pendarahan yang terjadi pada tubuh adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda. Kanker rahim atau serviks dapat menyebabkan wanita mengalami perdarahan setelah berhubungan seks. Wanita yang mengalami perdarahan di vagina setelah memasuki masa menopause juga harus memeriksakan kondisi mereka ke dokter.

Inilah enam gejala kanker yang tak boleh diabaikan wanita. Semakin cepat dideteksi, semakin besar peluang untuk sembuh.