Wanita, Waspada Rasa Nyeri pada Kandung Kemih

Klinik Tramedica | 19.55.00 |

Sering mengalami rasa nyeri pada kandung kemih? Apakah Anda sudah tahu penyebabnya? Pasalnya, rasa nyeri pada kandung kemih bisa menandai akan adanya beberapa gangguan pada kesehatan, yang berbahaya bagi kaum wanita. Adapun penyebab nyerinya sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari Everyday Health

Infeksi saluran urine

Rasa nyeri yang muncul pada kandung kemih, bisa disebabkan oleh datangnya infeksi pada saluran urinal. Gangguan ini, cenderung lebih sering terjadi pada wanita, dari pada pria. Hal ini karena posisi urethra tubuh wanita memiliki jarak yang lebih pendek dengan sumber bakteri seperti anus dan vagina. Itulah sebabnya infeksi mudah terjadi dan nyeri mudah dirasakan.

Perubahan sistim reproduksi

Kandung kemih yang terasa sakit dan nyeri, juga bisa dipicu oleh perubahan yang terjadi pada sistim reproduksi. "Nyeri ini bisa datang karena kulit daerah vagina yang menipis," ujar Dr. Karl Luner MD, dariSan Diego Medical Center. Karl juga mengatakan bahwa keluhan ini biasa terjadi pada wanita yang memasuki masa menopause, yang membutuhkan penanganan lebih oleh tim medis.

Kanker

Kasus yang paling parah adalah, nyeri yang menjadi awal dari diagnosa kanker yang terjadi pada kandung kemih. Menurut data yang doperoleh di Amerika Serikat, lebih dari 74 ribu kasus kanker terjadi hampir setiap tahunnya, di mana 18 ribu penderitanya adalah wanita.

Gejala awal dari kanker ini, ditandai dengan urine yang berdarah dan sakit yang sangat menyiksa saat buang air kecil. Jika sudah terjadi, sebaiknya Anda memeriksana diri ke dokter untuk segera mendapatkan perawatan optimal.

Jangan diagnosa sendiri.

Kebanyakan wanita yang mengalami gangguan ini, lebih percaya pada intuisinya, ketimbang pemeriksaan medis. Hal ini menyebabkan banyak pasien yang gagal ditangani dengan baik karena sudah terlanjur parah. Oleh karena itu, janganlah mendiagnosa diri sendiri dan segera periksakan kondisi Anda ke pihak yang lebih memahaminya.