Suka minum dengan botol plastik? Awas ancaman kanker!

Klinik Tramedica | 20.20.00 |

Plastik dan wadah plastik telah mendominasi kehidupan Anda saat ini. Alasannya karena plastik merupakan kemasan yang ringkas dan efektif sehingga tidak akan membuat Anda ribet. Botol plastik sendiri menjadi salah satu wadah yang sering Anda gunakan. Sepintas, tidak ada bahaya yang terkandung di dalamnya. Namun, tahukah Anda bahwa keseringan minum air dari botol plastik mampu menyebabkan kesehatan terancam? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah bahayanya.

Komplikasi kehamilan
Plastik mengandung bahan yang disebut dengan BPA. Terpapar BPA yang berlebihan mampu menyebabkan kelainan kromosom yang mengakibatkan cacat lahir. Oleh karena itu ketika Anda hamil, sebaiknya pertimbangkan minuman di kemasan plastik.

Pubertas dini
Paparan bahan kimia dari botol plastik juga menyebabkan perubahan struktur hormon estrogen yang mengakibatkan pubertas dini. Kemungkinan juga BPA akan meningkatkan risiko kanker prostat dan kanker payudara.

Infeksi
Tahukah Anda bahwa risiko untuk terkena infeksi karena botol plastik sangatlah tinggi? Hal ini selain karena bahan kimia yang ada di dalamnya juga karena kemungkinan adanya bakteri penyebab penyakit di dalam proses produksi dan pengisian air di botol plastik.

Penyebab kanker
Saat air di dalam botol plastik adalah air hangat, maka senyawa karsinogenik atau zat penyebab kanker sangatlah tinggi. Sehingga gunakan botol yang terbuat dari kaca untuk meminimalisir paparan ini.

Itulah bahaya kesehatan yang bisa terjadi ketika Anda terlalu sering minum dari botol plastik. Anda sendiri bisa meminimalisirnya dengan beralih menggunakan botol kaca.