Pengaruh Gaya Hidup Dan Gejala Kanker Payudara

Klinik Tramedica | 21.08.00 |

Beberapa dari Anda akan berpikiran bahwa kanker payudara banyak disebabkan oleh faktor keturunan. Memang, selama ini banyak yang menderita kanker payudara karena usia dan riwayat keluarga. Namun, gaya hidup yang kita terapkan juga berpengaruh terhadap kanker payudara lho Ladies.
Lalu, seberapa jauh pengaruh gaya hidup seseorang berpengaruh terhadap kemungkinan terkena kanker payudara?

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Tri Ari Wibowo dari MeetDoctor.com, pengaruh gaya hidup seperti merokok, alkohol, diet tinggi lemak, infeksi virus, dan menyapih menyusui terlalu dini dapat memperbesar peluang terjadinya kanker payudara walaupun prosentasenya belum diketahui secara pasti. Kemungkinan terkena akan lebih besar apabila terdapat faktor resiko genetik dan faktor resiko lainnya.
Adapun gejala umum dari kanker payudara di antaranya:
  • Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.
  • Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit.
  • Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya.
  • Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit di atas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.
Selain itu, ada gejala lain yang juga menunjukkan adanya kanker payudara, seperti:
  • Benjolan atau massa di ketiak
  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah)
  • Perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwarna coklat tua di sekeliling puting susu)
  • Payudara tampak kemerahan
  • Kulit di sekitar puting susu bersisik
  • Puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal
  • Nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara .
  • Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.
Nah Ladies, mendeteksi dan mencegah kanker payudara sejak dini memang sangat penting. Salah satunya dengan mulai menerapkan pola hidup sehat dari sekarang!