Deteksi Dini Kanker Paru

Klinik Tramedica | 19.56.00 |

Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi di stadium lanjut. Kanker paru adalah salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. 85% - 95% kanker paru berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Penderita kanker paru baru mencari pelayanan kesehatan dan berusaha untuk memeriksakan diri dalam kondisi kanker telah mencapai stadium lanjut. Mengapa demikian? Karena masyarakat umumnya baru
pergi ke  dokter bila ada keluhan sehingga ternyata kanker sudah di stadium lanjut.

Kanker sebenarnya dapat dideteksi secara dini. Semakin dini terdeteksi maka makin cepat kanker dapat diatasi tuntas dengan      tindakan-tindakan tertentu seperti operasi, kemoterapi dan radioterapi.

Dari segi biaya, tes deteksi dini juga memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka semakin kecil biaya yang dibutuhkan untuk penyembuhannya.

Menurut Cancer  Council Australia, prinsip pemeriksaan skrining untuk kanker adalah bertujuan untuk mengidentifikasi penderita kanker yang beresiko atau dicurigai. Pemeriksaan skrining bertujuan untuk menemukan kelainan seperti kanker sedini mungkin.

American Cancer Society memiliki panduan skrining untuk individu dengan risiko tinggi kanker paru akibat merokok.

Jika anda memenuhi kriteria berikut ini, anda sebaiknya  berkonsultasi ke dokter :

•     Usia di atas 50 tahun
  •     Riwayat merokok minimal 30 pak per tahun dan masih merokok sampai sekarang atau telah       berhenti merokok dalam waktu 15 tahun terakhir
  •     Lebih dari 30 tahun  merokok atau perokok pasif

Pemeriksaan yang di anjurkan untuk mendeteksi dini kanker paru adalah foto roentgen dada, sitologi sputum dan CT Scan.

Pencegahan Kanker Paru

Gejala kanker paru adalah :

1. Batuk yang tidak sembuh- sembuh > 2 bulan

2. Perubahan suara / suara serak

3. Batuk berdarah

4. Leher bengkak

5. Sesak

6. Nyeri dada

Tidak jarang, gejala yang pertama dilihat adalah gejala di luar paru yang dikenal sebagai gejala tidak khas pada kanker, yaitu :

1. Berat badan berkurang

2. Nafsu makan menjadi  berkurang

3. Demam hilang timbul dalam waktu yang lama

Konsultasikan ke  dokter jika mempunyai gejala di atas disertaidengan faktor risiko merokok yang berat > 30 pak dalam setahun, merokok atau  perokok pasif (terpapar asap rokok lebih dari 1 jam per hari) selama lebih dari 30 tahun.

Kanker paru stadium dini memang biasanya tidak menunjukkan tanda atau gejala. Pencegahan merupakan jalan yang tepat untuk mengurangi risiko kanker paru ini.

Pencegahan utama adalah dengan berhenti merokok. Lakukan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik dan berolahraga secara rutin.

­­­