7 Gejala kanker yang sering diabaikan banyak orang

Klinik Tramedica | 19.23.00 |

Katriina Whitaker, seorang peneliti senior dari University College London, mengatakan bahwa banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda kesehatan yang mereka alami. Sebagian bahkan tidak menyadari bahwa itu tanda dari penyakit berbahaya. Berikut
adalah enam gejala kanker yang sering diabaikan, seperti dilansir prevention.com.

1. Batuk/suara serak

Jika batuk tak kunjung sembuh, itu bisa menjadi tanda dari kanker paru-paru atau kanker tiroid, atau limfoma.

2. Benjolan

Sebaiknya Anda memeriksakan benjolan aneh yang Anda temukan di tubuh Anda. Dalam survei itu, 7,5 persen orang melaporkan benjolan yang mereka temukan di tubuh mereka. Sementara 67 persen tidak menghubungi dokter, dan 77 persen tidak berpikir itu bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius.

3. Perubahan pada kebiasaan buang air besar

Perubahan yang terjadi pada kebiasaan buang air besar bisa menjadi tanda dari sesuatu yang serius. Sementara gangguan ini biasanya disebabkan oleh makanan atau obat tertentu, jika Anda melihat hal itu terjadi secara teratur selama beberapa waktu, itu juga bisa menjadi tanda dari kanker usus besar.

4. Rasa nyeri yang tak terjelaskan

Nyeri yang terjadi secara teratur adalah cara tubuh untuk memberi sinyal. The American Cancer Society mengatakan bahwa rasa sakit akibat kanker biasanya menandakan bahwa sel-sel kanker telah menyebar.

5. Penurunan berat badan yang tak terjelaskan

The American Cancer Society melaporkan bahwa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda awal dari kanker. Tanda peringatan ini umumnya terjadi pada mereka yang menderita kanker pankreas, perut, paru-paru, atau kanker kerongkongan.

6. Kesulitan menelan

Penyempitan tenggorokan yang terjadi untuk sementara waktu bisa disebabkan oleh masalah sistem saraf atau kekebalan tubuh, atau itu bisa menjadi tanda dari kanker kerongkongan, lambung atau tenggorokan.

7. Sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh

Sakit tenggorokan yang terjadi terus-menerus bisa menjadi tanda untuk sesuatu yang lebih parah, seperti kanker laring atau kanker tenggorokan.

Inilah tujuh gejala kanker yang sering diabaikan. Jika Anda menemukan tanda-tanda aneh pada tubuh, segera periksakan itu ke dokter. Semakin cepat, semakin baik!