Wanita, Ini Pentingnya Mengetahui Gejala Kanker Ovarium

Klinik Tramedica | 02.36.00 |

Wanita, jangan anggap remeh kanker ovarium. Sebab,  kanker ini bisa menjalar ke organ lain dalam tubuh, dan bisa menyebabkan kematian. Menurut data, hingga saat ini penderita kanker ovarium di dunia sudah mencapai angka lebih dari 240 ribu, dan terus bertambah jika edukasinya tidak
segera dicanangkan.

Menurut Prof. dr. Andrijanto SpOG(K), kanker ovarium bisa ditandai beberapa gejala. Pertama, kanker ini bisa ditandai dengan perut kembung.
"Jika gejala sudah mulai parah, penderita akan mulai mengalami gangguan pada pencernaan, dan intensitas buang air kecil yang mulai tak terkendali," katanya, ditemui di peluncuran Kampanye Edukasi Kanker Ovarium, di Double Tree Hotel, Jumat, 8 Mei 2015.

Gejala yang akan terjadi selanjutnya, ialah munculnya rasa nyeri pada panggul, perut, dan sakit ketika sedang berhubungan seks. Jika sudah terjadi hal yang seperti itu, segera lakukan tindak pemeriksaan, seperti melakukan USG pada rahim, dan melakukan serangkaian tes untuk memastikan bahwa sel kanker tidak terdapat pada bagian itu.

"Sayangnya, gejala kanker ovarium sangat sulit terdeteksi sejak dini, karena gejalanya tidak dapat terlihat. Oleh karena itu, jika mendapati adanya keluhan, segeralah lakukan pemeriksaan, agar penanganan bisa dilakukan," ucap Andrijanto.