Penderita Kanker Serviks di Indonesia Tertinggi di Dunia

Klinik Tramedica | 22.26.00 |

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia.

Di Indonesia, setiap tahunnya terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks, dan sekitar 8.000

kasus di antaranya berakhir dengan kematian.

Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks tertinggi di dunia. Pasalnya, kanker ini muncul seperti musuh dalam selimut. Sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut.

Dokter Asdineri Ruslim, SpOG dari Rumah Sakit Permata Cibubur, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa kanker Serviks disebabkan Virus bernama Human Papiloma Virus (HPV). Tanda dan gejalanya terbagi dua untuk stadium awal tanpa gejala dan untuk stadium lanjut terjadinya perdarahan saat hubungan suami istri, keputihan yang berbau dan nyeri perut bawah.

"Di tahap awal tidak bergejala jadi wanita dapat saja terkena kanker serviks tanpa diketahuinya," katanya.

Asdineri menilai, masyarakat masih awam dan mereka banyak ingin tahu tentang seluk beluk penyakit yang satu ini. Pencegahan yang dapat dilakukan secara umum untuk penyakit kanker serviks adalah dengan pencegahan primer melalui edukasi dan vaksinasi serta pencegahan sekunder yaitu skrining lesi prakanker melalui papsmear, IVA (Inveksi Visualisasi Asetat) atau kolposkopi.