Kenali 5 Gejala Awal Kanker Rahim

Klinik Tramedica | 23.00.00 |

Kanker Rahim ditemukan pada lapisan atau dinding rahim Anda. Ini adalah salah satu kanker yang paling umum di kalangan wanita. Sekitar 7.000 wanita didiagnosis dengan kanker ini setiap tahun.

Kanker ini menjadi lebih umum, ketika seorang wanita mencapai umur 50 tahun. Kanker ini pada dasarnya dimulai dari rahim, dan menyebar ke jaringan sekitarnya melalui aliran darah. Secara umum, ada dua macam kanker rahim: endometrium dan Ulterian. Endometrium menjadi jenis yang paling umum dari kanker rahim, sedangkan Ulterian sebaliknya. Ada berbagai gejala atau tanda-tanda, yang dapat membuat Anda sadar bahwa Anda menderita kanker ini.

Wanita biasanya merasa bahwa, kanker ini ada menjelang usia senja. Meskipun benar, wanita dengan usia yang lebih muda dapat menderita kanker ini. Berikut adalah beberapa gejala, Anda harus memeriksakan diri ke dokter:

1. Berat tubuh mendadak turun
Ketika Anda kehilangan 5 kilogram secara tiba-tiba dalam sebulan, tanpa berolahraga atau perubahan diet, itu adalah situasi di mana Anda perlu proaktif. Ini bisa menjadi gejala atau tanda kanker rahim. Jadi, kunjungi dokter untuk diperiksa. Itu lebih baik daripada Anda menyesal.

2. Merasa kenyang
Ada saat-saat ketika Anda cenderung merasa kenyang, bahkan ketika Anda belum makan. Ini adalah gejala kemungkinan kanker rahim. Jika Anda merasa kembung disertai nyeri panggul atau perut, maka Anda harus waspada. Apalagi jika itu terjadi lebih dari seminggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan pada payudara
Ketika ada perubahan pada payudara Anda, maka Anda perlu mengetahuinya. Baik itu bentuknya, ukuran, atau teksturnya. Ada kalanya kulit di sekitar payudara Anda kaku, dan payudara Anda menjadi merah dengan ruam. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengalami peradangan di sepanjang payudara. Ini adalah salah satu dari beberapa gejala kanker rahim.

4. Perubahan menstruasi
Jika Anda ada dalam tahap premenopause, dan mendapatkan menstruasi, itu perlu diwaspadai. Karena hal ini tidak normal. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan rahim Anda. Dalam kasus menstruasi yang tidak teratur, Anda sebaiknya menemui dokter segera.

5. Perubahan kulit
Perubahan pada kulit biasanya diawali dengan pigmentasi, di mana kulit akan berubah warna, atau bisa saja ada pendarahan pada kulit Anda yang tidak normal, seperti berlebihan dan sulit sembuh.