Studi: Golongan Darah Pengaruhi Risiko Kanker Prostat

Klinik Tramedica | 21.13.00 |

Kanker prostat merupakan kanker yang paling umum pada pria. Di 2010, terjadi 28 ribu kasus kematian di Amerika Serikat, akibat penyakit tersebut.
Peneliti pun terus menggali masalah ini, kemudian menemukan bahwa kanker prostat ternyata terkait dengan golongan darah.
Penyakit ini memiliki gejala seperti sulit dan nyeri saat buang air kecil, ada darah di dalam urin dan air mani, nyeri pinggul, atau panggul dan ejakulasi yang menyakitkan.

Penelitian terbaru yang dilakukan Tokyo Medical University di Jepang memaparkan hipotesa baru, ternyata pria dengan golongan darah O, memilik risiko lebih kecil terhadap kanker prostat. Mereka mempelajari 555 pasien dengan kanker prostat yang menjalani prostatektomi radikal, yaitu pembedahan untuk mengangkat kelenjar prostat.
Dari penelitian tersebut, tim mencatat bahwa variasi golongan darah tidak hanya berhubungan dengan risiko pengembangan kanker prostat, tetapi juga tingkat kekambuhannya. Tercatat bahwa pria dengan golongan darah O, 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kekambuhan kanker prostat, dibanding pria yang bergolongan darah A.
"Untuk pertama kalinya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kanker prostat kambuh berdasarkan golongan darah," kata Yoshio Ohno, peneliti dari Tokyo Medical University, dilansir Daily Mail.
Tidak diketahui mengapa kanker prostat berkaitan dengan golongan darah. Tapi yang jelas, temuan ini dapat dijadikan pendekatan dalam pengobatan.