Pasien diabetes tipe-2 berisiko lebih tinggi kena kanker hati!

Klinik Tramedica | 21.04.00 |

Penelitian jangka panjang terbaru mengungkap bahwa pasien diabetes tipe-2 memiliki risiko tinggi terkena kanker hati. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang terkena penyakit diabetes tipe-2 memiliki risiko terkena kanker hati hingga dua sampai tiga kali lebih tinggi. Meski begitu, peneliti berpendapat bahwa secara keseluruhan risiko tersebut masih tergolong rendah.
Meski secara umum risiko terkena kanker hati lebih tinggi pada pasien diabetes tipe-2, namun hal ini juga dipengaruhi oleh ras dan etnis. Peneliti mengungkap bahwa penderita diabetes dengan ras Latin memiliki risiko 26 persen terkena kanker hati, sementara pasien dari Hawaii berisiko 20 persen. Pasien diabetes tipe-2 dari Jepang dan kulit hitam memiliki risiko 12 dan 13 persen. Sementara pasien berkulit putih memiliki risiko enam persen.

"Secara umum, jika Ada adalah pasien diabetes tipe-2, Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker hati," ungkap ketua peneliti V. Wendy Setiawan, dari Keck School of Medicine di University of Southern California, seperti dilansir oleh MSN Health (08/12).

Meski begitu, peneliti lain yaitu Dr David Bernstein dari North Shore University Hospital, New York, mengungkap bahwa risiko terkena kanker hati yang sesungguhnya, bahkan untuk pasien diabetes tipe-2, sebenarnya masih rendah.

Selanjutnya peneliti akan mempelajari mengenai penyebab meningkatnya risiko kanker pada pasien diabetes, serta mencari tahu apakah hal ini berkaitan dengan genetik. Sementara ini peneliti berpendapat bahwa kenaikan risiko kanker hati pada pasien diabetes berkaitan dengan obat-obatan yang dikonsumsi pasien.