Nyeri Kepala di Pagi Hari, Awas Kanker Otak

Klinik Tramedica | 21.28.00 |

Kerap mengalami nyeri di kepala dan dirasa bukan seperti pusing biasa, anda wajib waspada. Bisa jadi ini gejala kanker otak.
Rachmat Andi Sp. BS (K), Dokter Spesialis Bedah Saraf RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menjelaskan, kanker otak (tumor ganas di otak), disebabkan adanya kelainan pada jaringan yang ada di otak. Kelainan itu menyebabkan bagian-bagian tertentu pada otak tumbuh, berkembang secara cepat atau tak sesuai dengan tahap-tahapan yang sewajarnya.

Akibat perkembangan yang tak normal itu, terjadi penambahan volume otak yang dari waktu ke waktu makin membesar, padahal rongga di dalam otak ukurannya tak bertambah. Tekanan otak di rongga kepala yang makin meningkat (intrakranial) itulah yang pada akhirnya menganggu sistem lain di dalam otak.
Kanker yang makin membesar dirongga otak itu derajatnya makin berat dari waktu ke waktu jika tak segera ditangani. Selanjutnya, timbul gejala pertama seperi nyeri di kepala, rasa nyeri berbeda dengan sakit pusing. Nyeri dikepala itu intensitasnya sering terjadi pada pagi hari.
Kemudian disusul dengan muntah-muntah. Muntah itu bukan disebabkan makanan tetapi efek dari nyeri di kepala berkepanjangan. Muntah-muntah dari waktu ke waktu semakin dahsyat sebab mengalami peningkatan tekanan intrakranial utama.
Perlu diketahui juga, serangan kanker itu bisa juga dilihat dari lokasi dimana tumor ganas itu menyerang otak. Bagian otak yang terserang itu mengakibatkan efek seperti penglihatan makin kabur dari waktu ke waktu.
Akibat serangan itu pula penderita kanker otak bisa mengalami kejang-kejang, ucapan yang tidak jelas, kesulitan menelan makanan, bibir perot, hingga gerak yang tidak sempurna merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada penderita kanker otak.
Namun ada juga tumor yang tak membesar dan berukuran kecil namun sangat ganas. Jadi ukuran benjolan/pembengkakan berukuran besar belum tentu tumor ganas atau kanker. Pada kasus tertentu, bisa jadi hanya berukuran seperti tahi lalat namun sangat berbahaya.
Untuk penyembuhan kanker otak tentu saja dilakukan dengan tahap-tahap medis. Namun tetap saja melihat pertimbangan apakah tumor jinak atau ganas. Sebab pada kasus ada juga tumor ganas itu menyerang otak di bagian dalam (tidak di permukaan otak) sehingga operasi untuk mengambilnya membutuhkan sarana medis yang ekstra canggih.
Dokter akan menggunakan teknik diagnostik dan pengobatan untuk mengusahakan harapan hidup bagi para pasien tumor otak dengan  kemampuan deteksi dini; kemampuan mengetahui dengan tepat lokasi tumor di otak; keunggulan teknologi diagnostik dan terapi (operasi) seperti CT-Scan, MRI (Magnetic Resonance Image).
Untuk pencegahan kanker, hingga saat masih dilakukan pengkajian menyenai apa saja yang memicu serta bagaimana mencegahnya. Hanya saja belum diketahui pasti mengenai hal itu. Demikian penjelasan singkat dari kami semoga bisa bermanfaat juga untuk pembaca lain. Jika anda menemui gejala serupa, bisa mengkonsultasikan pada dokter anda.