Kenali Gejala Awal Kanker Paru Paru

Klinik Tramedica | 20.50.00 |

Banyak di antara kita tidak mengetahui tanda-tanda umum kanker paru-paru, sampai adanya gejala yang mematikan. Sebuah survei yang dilakukan di Amerika, 26 persen orang tidak mengathui satu pun gejalanya, baik itu pria atau wanita.

Secara keseluruhan, mereka mengindikasikan sesak nafas sebagai gejala awal kanker paru-paru, dan 39 persen menyebutkan gajalanya adalah batuk. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, karena kanker paru-paru telah merenggut nyawa 160.000 orang pertahun, di Amerika saja.

Lalu bagaimana dengan negara lainnya? Tentu jumlahnya akan lebih besar lagi, mengingat pengetahuan masyarakat akan kanker paru-paru sangat minim.

"Pasien yang didiagnosa terlambat, tidak akan mempunyai pilihan pengobatan lagi. Jika kita bisa mendiagnosa lebih awal lagi, kemungkinan menyelamatkan nyawa bisa dilakukan. Itulah sebabnya mengetahui gejala sangatlah penting," ucap Matthhew Peters, ketua Koalisi Kanker Paru Global (GLCC) yang kami kutip dari yahoo.

Lalu seperti apakan tanda-tanda penting gejala kanker paru-paru ini? Berikut penjelasannya:

1. Penurunan berat badan
Jika banyak orang yang bersusah payah melakukan diet, untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus waspada jika mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, juga tanpa melakukan diet. Biasanya nafsu makan akan menurun, dan berat badan akan berkurang 5 kilogram dalam waktu yang singkat.

2. Demam ringan
Demam bisa terjadi karena adanya infeksi di dalam tubuh, sehingga saat demam kita harus waspada, jika tidak turun dalam waktu singkat. Namun, demam juga bisa menjadi banyak gejala penyakit lainnya.

3. Kelelahan yang sangat
Jika Anda merasa ingin tidur 3-4 kali dalam sehari, dan sebelumnya belum pernah terjadi, maka Anda harus waspada. Kelelahan yang sangat juga bisa disebabkan kurangnya pertahanan sel darah putih terhadap virus, bakteri atau patogen lainnya. Sehingga konsultasi ke dokter sangat diperlukan.

4. Sakit kronis atau perubahan kulit
Bercak-bercak hitam pada kulit bisa menjadi pertanda serius, jika tubuh Anda sedang tidak beres. Hal ini merupakan peringatan yang sangat jelas dari kanker.

5. Kesulitan menelan
Sakit saat menelan ini sering diiringi oleh luka pada bibir yang tak kunjung sembuh, pendarahan yang tidak biasa, mati rasa di mulut dan tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan adanya gangguan pada saluran pernafasan.

6. Bercak putih di mulut
Bercak ini dikenal juga sebagai leukaplokia, berupa bercak putih pada gusi, pipi bagian dalam, dan lidah. Bercak ini mirip seperti sariawan, namun tidak bisa hilang dengan pengobatan sariawan.