Kenali Gejala Awal Kanker Darah

Klinik Tramedica | 18.53.00 |

Kanker adalah penyakit berbahaya, yang terbukti berakibat fatal bahkan mematikan. Ada banyak jenis kanker, tergantung pada apa yang organ sel-sel kanker serang.

Salah satu kanker yang mematikan adalah kanker darah. Pada kanker darah, sel-sel kanker merusak sistem peredaran darah tubuh. Ini mempengaruhi produksi darah, sirkulasi darah, dan pemurnian darah tubuh. Hal ini juga mempengaruhi sumsum tulang pada beberapa kasus.

Ada tiga jenis utama kanker darah. Yang pertama adalah leukemia, di mana pembentukan darah mengurangi. Yang kedua adalah Limfoma, di mana sel-sel darah putih yang terpengaruh. Yang ketiga adalah Myeloma, di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker. Kanker darah memiliki empat tahap masing-masing memiliki gejala yang berbeda.

Setiap tahap menjadi serius dan parah, dari yang sebelumnya. Pada tahap pertama, sel-sel kanker mulai muncul di getah bening, di tahap kedua sel-sel tersebar di hati dan limpa, tahap ketiga menandai pembentukan anemia dan hasil tahap terakhir dalam penurunan drastis trombosit dalam darah. Tahap terakhir dari kanker sering menyebabkan kematian.

Pada artikel ini kita akan membahas tanda-tanda awal kanker darah. Deteksi dini gejala kanker darah membantu dalam pengobatan yang lebih baik yang kami kutip dari Boldsky:

Lemah dan lelah: Kelelahan merupakan salah satu gejala awal dari kanker darah. Disebabkan oleh komplikasi kesehatan lainnya juga. Tapi, jika kelelahan konsisten, Anda harus pergi ke dokter. Setidaknya mengecek darah. Ini bisa menjadi kesempatan untuk deteksi dini kanker.

Berat badan: Gejala awal kanker darah di antaranya tiba-tiba kehilangan berat badan dan nafsu makan. Penurunan berat badan yang tiba-tiba, bisa juga karena tiroid atau penyakit lainnya. Tapi, ketika Anda menderita kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang drastis, segera temui dokter. Ini bisa menjadi indikasi awal gejala kanker darah.

Darah abnormal: Darah abnormal adalah gejala awal dari kanker darah, yang harus diwaspadai. Untuk mengeceknya dibutuhkan peralatan di laboratorium.

Pembengkakan kelenjar getah bening: Tanda-tanda awalnya biasa disertai dengan demam, lemas, mual dan nafsu makan berkurang. Pembengkakan kelenjar getah bening, tidak mudah terdeteksi namun gejalanya bisa dirasakan.

Infeksi: Gejala awal kanker darah yang lainnya adalah rentan terhadap infeksi. Imunitas berkurang karena sel-sel darah putih yang rendah, tubuh menjadi terbuka untuk semua jenis infeksi.