Waspadai 10 gejala kanker yang terlihat remeh ini!

Klinik Tramedica | 19.37.00 |

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa gejala kanker terkadang bisa terlihat remeh dan sering diabaikan. Seperti batuk yang tak kunjung sembuh, penurunan berat badan, dan lainnya.

Cancer Research UK mengungkap 10 gejala remeh yang berkaitan dengan kanker dan seringkali diabaikan oleh banyak orang. Penelitian berharap agar beberapa gejala kunci ini bisa diperhatikan oleh masyarakat sehingga mereka bisa memeriksakan diri sedini mungkin.
Berikut adalah beberapa gejala kanker yang sebaiknya tak diabaikan, seperti dilansir oleh Daily Mail (04/02).

1. Batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala kanker paru-paru.
2. Munculnya bercak hitam yang semakin membesar dan tak wajar bisa jadi pertanda kanker kulit.
3. Perubahan pada kebiasaan buang air besar atau gangguan pada pencernaan bisa menjadi pertanda adanya kanker usus besar.
4. Luka yang tak kunjung sembuh. Jika ini terjadi pada daerah mulut bisa menjadi gejala munculnya kanker mulut.
5. Kesulitan menelan makanan bisa menjadi gejala kanker kerongkongan.
6. Penurunan berat badan secara drastis tanpa penjelasan apapun bisa menjadi gejala beberapa jenis kanker. Secara umum pasien kanker biasanya menunjukkan tanda-tanda ini.
7. Perubahan pada kebiasaan buang air kecil bisa menjadi gejala kanker kandung kemih atau kanker prostat pada pria.
8. Munculnya benjolan. Benjolan bisa menjadi tanda dari berbagai jenis kanker dan penyakit.
9. Rasa sakit yang terus ada dan tak diketahui sebabnya. Ini bisa menjadi tanda berbagai jenis kanker, bergantung pada bagian mana Anda merasakan sakit.
10. Pendarahan. Jika pendarahan terjadi pada anus atau organ pribadi, ini bisa menandakan gejala kanker serviks dan kanker usus besar.

Peneliti dari University College London mengungkap bahwa banyak orang yang mengalami gejala ini selama hidup mereka, namun seringkali tak menyadarinya. Banyak juga yang mengetahui gejala ini namun takut untuk memeriksakan diri karena takut dengan diagnosis kanker.

Banyak orang yang mengira gejala ini disebabkan oleh penyakit ringan dan merupakan tanda dari penuaan. Jika Anda sering mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri. Lebih cepat terdiagnosis, lebih tinggi juga kemungkinan untuk sembuh dan bertahan hidup. Gejala di atas bisa jadi menunjukkan adanya penyakit lain, namun tak ada salahnya langsung memeriksakan diri untuk mengetahui dengan lebih pasti.

,