Sering Pusing? Waspadai Kanker Otak

Klinik Tramedica | 19.04.00 |

Sakit kepala sebenarnya adalah rasa nyeri yang diterima oleh syaraf otak.
Hal ini dapat disebabkan oelh faktor di dalam otak atau keadaan di luar otak, mislanya adalah gangguan pada mata, THT, gigi, tulang, leher, demam karena infeksi atau faktor psikis, kurang tidur, cemas dan sebagainya.

Kanker otak terbagi menjadi 2 yaitu:
1. Kanker otak primer.
2. Kanker otak sekunder.
Kanker otak primer bisa tumbuh di otak besar,otak kecil atau di batang otak.
Sedangkan kanker otak sekunder berupa anak sebar kanker dari organ lain, misalnya dari kelenjar tiroid,paru-paru, payudara dan sebagainya.

Tentu saja keberadaan kanker otak ini dapat menyebabkan sakit kepala.
Pada umumnya, gejala spesifik kanker otak tergantung pada lokasi dan besarnya pertumbuhan kanker.
1. Sakit kepala mendadak dan tak tertahankan.
2. Mual dan muntah.
3. Penurunan kesadaran.
Hal tersebut terjadi karena adanya gangguan pada anggota gerak dan jika hal tersebut terjadi, apalagi sudah berlangsung lama, maka kita harus mewaspadainya.
Biasanya hanya ada 1 persen saja nyeri di kepala yang divonis sebagai kanker otak.
Terkadang kanker otak sulit untuk didiagnosa secara dini karena tergantung dari:
1. Lokasi tumbuh.
2. Kecepatan pertumbuhan.
3. Intensitas kemunculan gejala tekanan dalam kepala.
4. Efek masa kanker.

Beberapa macam pemeriksaan dilakukan untuk melihat diagnosa kepastian kanker otak seperti pemeriksaan CT Sca, MRI dan pemeriksaan lain.