Perbedaan Radang dan Kanker Payudara

Klinik Tramedica | 19.25.00 |

Adakah perbedaan antara radang payudara dan kanker payudara? Apa betul peradangan pada payudara bisa berakibat fatal sehingga menyebabkan kanker?

Antara radang payudara dan kanker payudara adalah dua hal yang berbeda. Radang payudara merupakan infeksi yang terjadi pada paudara yang disebabkan adanya sumbatan pada saluran susu hingga puting susu. Sedangkan kanker payudara adalah timbulnya benjolan pada payudara dimana setelah pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.

Berikut ini penyebabnya:
3 Penyebab Radang Payudara

Radang payudara atau yang biasa disebut dengan mastitis, menurut penyebab dan kondisinya dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Mastitis Periductal.

Biasanya muncul pada wanita menjelang menopause. Penyebab utamanya tidak jelas diketahui. Keadaan seperti ini dikenal dengan "mammary duct ectasia", yang berarti pelebaran saluran karena adanya penyumbatan pada saluran di payudara.

2. Mastitis Puerperalis atau lactational.

Banyak dialami oleh wanita hamil dan menyusui. Penyebab utamanya adalah kuman yang menginfeksi payudara, yang ditransmisi ke puting melalui kontak langsung dari bayi yang menyusu. Survei membuktikan bahwa ini banyak dialami wanita ketimbang mastitis lainnya.