Mudah lelah? Hati-hati, kemungkinan itu gejala kanker

Klinik Tramedica | 17.23.00 |

Lelah normal terjadi ketika tubuh Anda melakukan banyak aktivitas tanpa diberi jeda untuk istirahat. Kelelahan juga bisa menjadi hasil dari lelahnya otak Anda untuk berpikir. Kemampuan otak akan menurun karena banyak berpikir dan akhirnya memerintahkan bagian tubuh lainnya otak beristirahat. Oleh karenanya Anda pun akan langsung beristirahat begitu tubuh terasa lelah.
Namun setelah beristirahat dengan kuantitas dan kualitas yang baik, Anda masih sering merasa lelah? Hati-hati, sebab hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala kanker.

Penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan bahwa seorang pria di Inggris sering mengalami rasa lelah yang luar biasa. Dia pun memeriksakan kondisi tubuhnya ke ahli kesehatan dan terungkap bahwa kandungan zat besi dalam tubuhnya sangatlah rendah. Setelah diteliti, zat besi ini menurun karena terjadi inflamasi atau peradangan dalam tubuhnya karena tumbuhnya sel kanker.

"Sel kanker mampu menyebabkan pendarahan dalam tubuh terutama saat sel kanker Anda bertumbuh. Sehingga suplai darah serta oksigen ke seluruh tubuh pun akan terganggu. Hasilnya Anda akan merasakan mudah lelah, tidak bersemangat, dan penampakan kulit yang tidak cerah merona," terang Dr John Mason, seorang konsultan kanker di Central Manchester University Hospitals.

"Untuk itulah ketika Anda merasa bahwa Anda mulai merasa lelah teramat sangat dan tanpa alasan yang jelas, maka sebaiknya periksakan diri Anda. Apakah Anda hanya mengalami anemia yang membuat tubuh lelah ataukah anemia tersebut terjadi karena adanya sel kanker dalam tubuh," sarannya.