Benarkah Nanas Dapat Cegah Kanker?

Klinik Tramedica | 19.57.00 |

Nanas, siapa yang tak kenal buah tropis ini? Keberadaannya di Indonesia juga banyak dan mudah ditemukan di mana-mana. Nanas, biasa disajikan untuk camilan segar di kala panas. Rasa asam bercampur manis daging buahnya, juga cocok sebagai pencuci mulut setelah makan.

Namun, selain bagian daging buahnya,bagian batang nanas juga memiliki khasiat, yang belum diketahui banyak orang. Jadi Anda yang biasa membuang bagian batang dari nanas, mungkin harus berpikir ulang setelah membaca artikel ini. Bagian batang, dari atas hingga bagian tengah buah nanas, ternyata memiliki khasiat luar biasa yang dapat menyehatkan tubuh. 
Hal tersebut karena dalam bagian batang nanas, terkandung senyawa bernama Bromelain, enzim protease yang termasuk dalam keluarga tanaman Bromeliaceae. Kandungan dari Bromelain, dipercaya bisa menjadi zat anti kanker. Namun ini fakta atau mitos?

Tri Ari Wibowo, dokter dari Meetdoctor.com, mengatakan bromelain memang merupakan kandungan yang memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan. Sebab dalam bromelain, terdapat dua molekul yaitu CCS dan CCZ yang dapat menahan protein ras (protein di dalam sel kanker), yang terdapat pada 30 persen sel kanker.

Selain bermanfaat untuk kanker, bromelain juga berkasiat untuk menyembuhkan beberapa gejala penyakit, seperti jantung, rematik, gangguan pernapasan, hingga menyembuhkan bekas luka.
"Karena kemampuannya memecah protein, bromelain berguna memecah protein dalam jaringan yang bengkak, sehingga mengurangi kejang otot," ujar Aria kepada VIVA.co.id.

Namun, banyaknya suplemen bromelain yang dijual di pasaran, memperbesar kemungkinan adanya efek samping yang ditimbulkan. Jika konsumsi suplemen Bromelain berlebihan, maka efek samping yang dapat timbul, ialah gangguan pencernaan, pendarahan, alergi, dan interaksi obat, terutama dengan obat pengencer darah.
Untuk itu, menurut Aria, ada baiknya memakan nanas dalam jumlah terbatas agar kandungan bromelainnya tidak membahayakan tubuh.

Herbal Ekstrak

product 1

Bahan baku herbal Tramedica berstandar internasional. "Dibuat dengan teknologi mutakhir dan berkualitas tinggi." Racikan dilakukan sendiri oleh Ratu Givana mematikan sel kanker dan mengikis masa tumor.

Berpengalaman

product 1

"Ratu Givana lahir di keluarga praktisi herbal. " Berpengalaman 17 tahun lebih di pengobatan tradisional, khususnya kanker dan tumor. Mengobati penyakit pra-cancer, maupun kanker pasca operasi dan kemoterapi.

Konsultasikan

product 1

Layanan Konsultasi bisa dilakukan di tiap cabang Tramedica. Konsultasikan keluhan Anda dan cegah kanker sejak dini untuk memperoleh pengobatan secara tepat dan cepat. Hubungi 0812 9710 2727 - 0815 927 2727

close
Banner iklan disini