Waspada, Pria Juga Bisa Kena Kanker di Area Dada

Klinik Tramedica | 20.35.00 |

Minuman beralkohol adalah salah satu pemicunya.

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita. Gejalanya dapat terlihat dari munculnya benjolan kecil di sekitar dada, yang semakin lama menyebar dan menggerogoti bagian tubuh lain. Namun, kanker ini ternyata tak hanya mengancam perempuan.

Sebuah survei di Amerika Serikat menyebut bahwa pria memiliki risiko terkena kanker serupa, sebanyak 1 persen, meski tak memiliki "payudara". Times of India melansir, walau penyakit ini cukup jarang terjadi pada pria, namun bahayanya tetap harus diwaspadai. Karena dari 2.360 kasus yang dilaporkan, 403 di antaranya berujung kematian.
Vaneet Gupta, konsultan kesehatan mengatakan, bahwa gejala kanker ini pada pria sama dengan gejala yang terjadi pada wanita. Mulanya, akan muncul benjolan yang bertahan cukup lama di daerah sekitar puting, atau daerah lain di bagian dada.

Namun demikian, Gupta mendiagnosa pertumbuhan sel kanker pada pria lebih sulit. Hal ini karena ketebalan dada pria kurang, sehingga benjolan tidak tampak dan sulit dilihat. Hal ini kemudian berkaitan dengan penanganan yang seringkali terlambat, yang juga disayangkan.

Pemicu kanker ini pada pria, salah satunya berasal dari konsumsi makanan berlemak dan minuman alkohol berlebihan. Untuk itu, gaya hidup yang lebih sehat dan olahraga teratur, bisa menjadi senjata ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kanker ini pada pria.