Wanita, Jamur Ini Mampu Cegah Kanker Serviks

Klinik Tramedica | 19.54.00 |

Beribu-ribu jenis jamur tumbuh di bumi ini. Salah satunya bernama Shitake,jamur berwarna cokelat yang tumbuh di batang pohon. Jamur ini sebelumnya juga banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal di negeri Tiongkok.
Sebuah penelitian terbaru menuliskan, jika jamur asal Jepang ini memiliki khasiat lain yaitu membunuh Human Papiloma Virus (HPV) yang dapat mengakibatkan kanker serviks.

Survei menunjukkan, Lebih dari tiga perempat wanita di dunia menderita kanker serviks. Kanker serviks saat ini menjadi penyakit yang menakutkan dan mengancam jiwa wanita.
Seorang peneliti di Amerika menemukan adanya kandungan ekstra heksosa aktif (AHCC) yang dapat mencegah kanker serviks dalam jamur shitake. Dalam sebuah penelitian pada tikus, AHCC dapat memberantas virus HPV selama 90 hari. Hal ini secara otomatis mematikan pertumbuhan tumor serviks.
Jika AHCC dapat diterapkan dalam makanan atau suplemen, para peneliti optimistis AHCC dapat mengantikan vaksin HPV yang terbilang mahal.
“Penelitian yang dilakukan sejak 2008, menunjukkan bahwa AHCC memiliki potensi untuk mengobati infeksi HPV dan menjadi immunotheraphy,” ujar Dr Judith Smith, dari University of Texas, dilansir Daily Mail.
Smith juga menambahkan, AHCC selama ini telah banyak digunakan di Jepang sebagainatural cell killer, sel dendritik, dan sitokin yang memungkinkan tubuh untuk merespon infeksi dan memblokir proliferansi tumor.