Tangkal kanker pankreas dengan makan kacang!

Klinik Tramedica | 21.37.00 |

Kabar baik bia semua pecinta kacang. Meski kacang dikenal mengandung banyak lemak yang kadang juga bisa memunculkan jerawat, namun sebuah penelitian dari Brigham and Women's Hospital, serta Harvard Medical School mengungkap bahwa makan kacang bisa menurunkan risiko kanker pankreas pada wanita.
Mengonsumsi satu ons kacang setidaknya dua kali seminggu bisa menurunkan risiko kanker pankreas. Hasilnya tetap sama, bahkan ketika peneliti mempertimbangkan berbagai macam faktor lain seperti usia, kebiasaan buruk seperti merokok, berat badan, diabetes, dan kebiasaan olahraga.

Penelitian ini diterbitkan dalam British Journal of Cancer, dan peneliti menegaskan bahwa hasil penelitian ini sama sekali tak berkaitan dengan sponsor, yaitu Tree Nut Council Nutrition Research & Education Foundation, seperti dilansir oleh Huffington Post (10/11).
Hasil ini didapatkan melalui pengamatan terhadap 75.680 wanita yang belum pernah mengalami kanker sebelumnya. Peneliti kemudian menganalisis konsumsi kacang partisipan termasuk jenis-jenis kacang seperti walnut, almond, pistacio, hazelnut, dan lainnya.
Selain memiliki risiko kanker pankreas yang lebih kecil, wanita yang sering makan kacang diketahui memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tak makan kacang, ungkap peneliti Ying Bao.
Konsumsi kacang juga diketahui berkaitan dengan turunnya risiko penyakit jantung, sindrom metabolisme, dan diabetes tipe-2. Sebuah penelitian sebelumnya bahkan mengaitkan konsumsi walnut dengan kualitas sperma yang lebih baik pada pria.