Studi: Berat Badan Berlebih Picu Kanker Payudara

Klinik Tramedica | 21.24.00 |

Studi di Inggris menunjukkan jika wanita dengan berat badan berlebihan akan rentan terkena kanker payudara.
Ada hubungan kuat antara lemak di dalam tubuh terutama di daerah pinggang dengan munculnya risiko tumor.
Penelitian dari Universitas College London juga jika dalam 10 tahun terakhir, 77 persen wanita dengan kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko kanker payudara di tubuh mereka. Jaringan lemak akan lebih melepaskan hormon estrogen yang memicu perkembangan tumor. Lemak tersebut tersebar di daerah sekitar perut, lengan atas, dan paha.

Sekitar satu dari delapan wanita di Inggris terkena kanker payudara dan tiap tahunnya terjadi 50.500 kasus kanker payudara. Ternyata gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama wanita terkena kanker payudara.
"Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara, terutama setelah menopause, adalah menjaga berat badan ideal, olahraga dan mengurangi alkohol," ungkap Tom Stansfeld, peneliti Cancer Research UK, seperti dilansir Daily Mail.