Kenali Virus Bahaya Penyebab Kanker Serviks

Klinik Tramedica | 20.49.00 |

Infeksi dengan virus papiloma manusia (human papilloma virus/HPV) pada kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Banyak orang mempunyai infeksi HPV tanpa diketahui. Meski infeksi HPV dapat hilang tanpa menyebabkan masalah, namun virus ini tetap harus diwaspadai.

Tidak banyak orang paham mengenai penyebaran virus yang sering  menyerang organ intim pria dan wanita ini.
Setidaknya ada sekitar 130 tipe HPV. Beberapa di antaranya dapat menimbulkan kanker seperti vulva dan serviks. Sebagian lagi bersifat non onkogenik yang menyebabkan kutil kelamin.

Dari data MSD (Merck Sharp & Dohme) menyebutkan ada 4 tipe HPV yang sering menginveksi manusia, yaitu tipe 16 dan 18. Keduanya menyebabkan lebih dari 75 persen kasus kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 menyebabkan lebih dari 90 persen kasus kutil kelamin.

"Di dunia, kanker serviks merupakan kanker kedua terbanyak sesudah kanker payudara," kata dr. Andi Darma Putra, Sp.OG.(K)Onk, saat ditemui pada seminar HPV di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Oktober 2014.

Ia menambahkan bahwa semua wanita bisa terkena kanker serviks dari segala usia. Setidaknya banyak wanita yang terdiagnosis menderita kanker serviks pada usia 35-55 tahun. Itu kemungkinan besar terjadi akibat akivitas seksual yang terjadi pada usia 20 tahun.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa 11,4 persen wanita dengan hasil papsmear menderita HPV dan penyakit itu dapat dideteksi pada 99,7 persen wanita yang terdiagnosis terkena kanker serviks.

Pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai HPV, kanker serviks dan kutil kelamin masih sangat minim. Terlihat dari riset terbaru AC Nielsen yang melibatkan 788 responden. Hasilnya menunjukan pada oktober-november 2013 pengetahuan masyarakat tentang HPV hanya 2 persen, kutil kelamin 6 persen dan kanker serviks 78 persen.

"Pemahaman tentang HPV ini penting dketahui sehingga masyarakat tahu bagaimana cara menghindarinya. Selain menyebabkan kanker serviks, HPV juga menimbulkan kutil kelamin," kata dr. Farida Zubier, Sp.KK(K).