Ini penyakit reproduksi paling mematikan pada wanita!

Klinik Tramedica | 21.29.00 |

Menjaga kesehatan seksual dan kesehatan reproduksi adalah hal yang tentu harus dilakukan oleh wanita. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, mulai dari rajin memeriksakan diri ke ginekolog hingga melakukan pap-smear. Namun seringkali wanita melupakan satu bagian yang paling penting, yaitu ovarium atau indung telur. Kanker ovarium adalah penyakit reproduksi yang paling mematikan pada wanita. Lebih berbahaya lagi karena tak ada cara yang pasti untuk mencegah atau mengetahui jenis kanker ini lebih awal, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (09/09).
Sebuah penelitian mengungkap bahwa 20.000 wanita akan mengalami kanker ovarium pada tahun 2014, dan 14.000 lainnya akan meninggal karena penyakit ini. Risiko terkena kanker ovarium juga lebih tinggi pada wanita yang memiliki mutasi gen BRCA. Meski begitu, yang paling menakutkan adalah bahwa kanker ovarium lebih sulit dideteksi dibandingkan kanker lainnya.

Saat ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi kesehatan ovarium adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter harus meraba dan melihat ke dalam ovarium untuk mengetahui adanya benjolan yang tumbuh. Ini bukan tes yang menyenangkan bagi wanita, dan akan terasa sangat tak nyaman. Namun ini satu-satunya tes yang bisa dilakukan.

Selain memeriksakan diri ke dokter, ada juga beberapa gejala kanker ovarium yang sebaiknya diwaspadai. Yaitu ketika Anda merasa bagian perut membengkak, bukan karena masuk angin atau terlalu banyak makan, dan terus membesar. Selain itu juga jika Anda merasa cepat kenyang dan merasa kesulitan buang air kecil atau buang air besar.

Jika gejala tersebut tetap ada selama dua sampai tiga minggu segera periksakan diri ke dokter. Gejala ini mirip dengan masalah pencernaan, ini jugalah yang membuat kanker ovarium menjadi lebih sulit dideteksi. Anda bisa menurunkan risiko dengan mengetahui kanker ovarium sejak dini. Salah satunya dengan mengetahui apakah Anda lebih berisiko dengan melakukan tes genetik atau mencari tahu jika ada anggota keluarga yang memiliki sejarah kanker ovarium.