Lakukan 5 cara ini untuk cegah kanker usus!

Klinik Tramedica | 18.12.00 |

Kliniktramedica.net - Kanker usus diketahui sebagai jenis kanker kedua yang bisa menyebabkan kematian. Seseorang harus berjuang untuk sembuh setelah terkena kanker usus. Namun sebenarnya kanker usus bisa dicegah.

"Kanker usus sangat bisa dicegah dengan deteksi dini dan melakukan pemeriksaan," ungkap asisten profesor dari University of Carolina, Los Angeles. Selain melakukan deteksi dini dan
pemeriksaan, Anda juga bisa menurunkan risiko kanker usus dengan melakukan lima langkah berikut ini, seperti dilansir oleh Daily Health Post (24/03).

1. Pemeriksaan teratur
Jika Anda memiliki tingkat risiko normal, sebaiknya mulai periksakan kesehatan usus sejak usia 50 tahun. Jika Anda memiliki risiko tinggi dengan sejarah keluarga yang pernah terkena kanker usus, Anda harus mulai melakukan pemeriksaan sebelum usia 50 tahun.

2. Makanan kaya serat
Setiap hari konsumsi buah, sayur, dan kacang yang kaya serat. Penuhi kebutuhan hingga 25 - 40 gram serat buah. Selain itu, juga penting untuk mengonsumsi diet yang rendah lemak. Karena kanker usus biasanya berkaitan dengan diet dan pola makan pasien. Hindari makanan yang kaya lemak dan lebih utamakan makanan seperti sayur dan buah.

3. Hindari alkohol
Untuk menjaga usus tetap sehat, hindari rokok dan alkohol. Kombinasi konsumsi alkohol dan rokok akan memicu kanker usus dan penyakit yang menyerang pencernaan serta lever.

4. Olahraga
Lakukan setidaknya 20 menit olahraga sekitar tiga sampai empat hari setiap minggu. Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup berjalan-jalan, naik tangga, berkebun, dan lainnya sudah bisa membantu Anda menurunkan risiko kanker usus.

5. Jaga berat badan
Menjaga berat badan tak hanya bisa mencegah obesitas, tetapi juga bisa menurunkan risiko terkena kanker usus. Penelitian mengungkap bahwa obesitas juga bisa meningkatkan risiko kanker usus. Untuk itu, mengawasi dan menjaga berat badan sangat penting untuk mencegah kanker usus.

Selain melakukan hal-hal di atas, selalu waspadalah dengan gejala-gejala kanker usus. Jika ada gejala yang mencurigakan seperti keluar darah saat buang air besar, sakit perut, dan penurunan berat badan secara drastis, segera periksakan diri ke dokter. Kanker usus masih bisa dicegah dan diobati jika lebih cepat terdeteksi.

, ,