Kanker Selalu Ada Gejalanya

Klinik Tramedica | 19.33.00 |

Kanker sering identik dengan penyakit yang mematikan, dan tidak jarang seseorang yang divonis mengidap kanker akan merasa tidak percaya dan kecewa. Perasaan tersebut sangat normal dialami oleh orang yang baru divonis kanker

Rasa tidak percaya dan kecewa mengapa dirinya yang dipilih untuk mengidap penyakit ini campur aduk menjadi satu. Biasanya penderita malah larut dalam kesedihan dan keterpurukan sehingga melupakan hal terpenting yang bisa pasien lakukan, yaitu memeriksakan lebih lanjut tentang penyakitnya tersebut.

Perlu Anda ketahui, kanker tidak muncul begitu saja. Jika ada yang mengatakan kalau kanker tidak menimbulkan gejala dan tanda apapun, itu salah. Apapun penyakitnya, kanker ataupun bukan dan jenis kanker apapun pasti menimbulkan gejala atau tanda-tanda.

Terkadang gejala atau tanda tersebut tidak khas atau biasa dialami, sehingga pasien mengabaikan gejala tersebut. Ketika pasien menyadari kanker sudah tumbuh di dalam dirinya. Dan, yang lebih menakutkan lagi, pengabaian gejala tersebut bisa berakibat fatal karena pasien baru sadar dan mengunjungi tim medis jika sudah stadium akhir.
Contohnya saja pilek, biasanya pasien hanya menggap pilek biasa. Namun, masalah akan timbul jika pilek yang diderita tidak kunjung sembuh sampai enam bulan atau setahun. “Awalnya pilek hanya lendir putih, lalu bulan berikutnya putih kekuningan, dan lama-lama meningkat hingga mengeluarkan darah. Apakah pilek tersebut normal, pasti ada sesuatu yang salah. Dan apa salahnya jika diperiksakan lebih lanjut. Tapi bukan berarti kasus tersebut dikonotasikan kanker ya,” ucap dr. Toman L. Toruan, SpPD KHOM saat acara Hari Kanker Dunia di RS SILOAM MRCCC, Jakarta, 4 Februari 2014 lalu.

Pengabaian gejala seperti itulah yang sering kali membuat pasien kanker terlambat untuk ditangani dan diobati, karena datang saat kanker sudah parah. Hal inilah yang menjadikan deteksi dini menjadi sangat penting bagi penderita kanker.

Misalnya saja, jika Anda perokok usahakan untuk melakukan screening karena dianggap mempunyai risiko lebih besar terkena kanker. Anda bisa melakukan deteksi dini dengan screening setiap enam bulan atau setahun sekali untuk memastikan apakah ada kanker paru atau tidak.

Menurut dr. Toman beberapa pasien kanker bisa sembuh, asalkan kanker sudah dideteksi dari awal dan langsung diberikan tindakan. Jika masih pada stadium awal sel kanker masih bisa dijinakkan sehingga harapan hidup pasien menjadi lebih besar daripada pasien yang datang sudah stadium akhir.

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali gejala yang muncul, walaupun gejala awal tidak khas. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan berbagai antisipasi untuk pencegahan, terlebih lagi jika ada riwayat penyakit kanker.

, ,