Kanker Hati

Klinik Tramedica | 19.14.00 |

Liver seharusnya berfungsi sebagai penyaring darah dari seluruh tubuh, merubah nutrisi dan obat yang diserap dari sistem pencernaan menjadi zat-zat yang siap dipakai oleh tubuh. Fungsi lain dari liver adalah membuang racun dan kimia lain. Karena darah dari seluruh tubuh sudah pasti mengalir melewati liver, sel kanker bisa saja masuk ke dalam liver.

Symptoms

Gejala kanker liver adalah :
  • Berat badan turun.
  • Tidak ada nafsu makan.
  • Nyeri pada perut bagian atas.
  • Mual dan muntah.
  • Merasa lelah dan lemah.
  • Liver membesar.
  • Kulit dan bagian putih pada mata menjadi kuning.
  • Kotoran berwarna putih (seperti kapur).

Causes

Kanker pada liver dapat dimulai di liver itu sendiri, walaupun sebagian besar kasus kanker liver, adalah akibat dari masuknya sel kanker dari bagian tubuh lainnya ke liver. Kanker yang dimulai di liver umumnya disebabkan oleh cacat lahir, penggunaan alkohol dan infeksi kronis (misalnya hepatitis B atau C).  Penyebab lainnya adalah merokok dan zat kimia untuk membunuh tanaman hama yang terserap ke dalam sayur atau buah.

Diagnosis

Untuk mendiagnosa, dapat melakukan tes darah, imaging tes (misalnya CT scan dan MRI) atau biopsi.

Treatment

Contoh perawatan kanker liver adalah pembedahan, injeksi obat kemoterapi atau transplantasi.

Prevention

Sebagai pencegahan, dapat melakukan vaksin, kurangi konsumsi alkohol dan menjaga berat badan.