Awas, Kurang Tidur Bisa Picu Kanker Payudara

Klinik Tramedica | 19.21.00 |

Kliniktramedica.net - Siapa yang ingin terkena penyakit kanker? Tidak ada yang mau, meski kanker tersebut bisa diobati. Oleh karena itu, orang sekarang sudah menerapkan gaya hidup sehat dengan cara makan buah, sayur dan olahraga. Namun ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan Ladies, yaitu tidur. Kebiasaan begadang itu tidak baik, terutama untuk kesehatan. Bahkan menurut www.everydayhealth.com, kurang tidur bisa sebabkan munculnya kanker. Pada tahun 2002, penelitian menemukan korelasi antara
kurangnya tidur dengan tingginya risiko kanker payudara dan penurunan hormon melatonin.

Hormon melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh saat Anda tidur untuk melepas lelah. Jika Anda kurang tidur, maka produksi hormon melatonin jadi menurun atau menjadi sedikit dan hal ini akan meningkatkan produksi hormon estrogen yang bisa meningkatkan risiko kanker.

Jika estrogen di dalam tubuh berlebihan, ini akan memicu berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh Anda. Kurang tidur ini juga secara otomatis akan membuat Anda kelelahan dan kurang konsentrasi. Bukan hanya wanita saja yang memiliki risiko terkena kanker, para pria yang kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Bahkan para pria yang sulit tidur atau memiliki masalah tidur memiliki tiga kali lipat risiko kanker prostat.

Itulah mengapa banyak dokter dan ahli kesehatan menyarankan untuk memiliki kualitas tidur yang baik dan tubuh mendapat waktu tidur yang cukup. Bukan hanya agar tubuh Anda bisa beristirahat, konsentrasi penuh, meningkatkan produktivitas dan otak bisa meregenerasi sel otak yang rusak, namun juga agar Anda terbebas dari serangan kanker, Ladies.

Jadi, jika Anda kebetulan memiliki masalah susah tidur atau yang lainnya, jangan mengabaikannya dan segera mencari cara agar tidak terjadi berkepanjangan. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi dan konsultasi ke dokter untuk bisa mengatasi masalah tidur Anda.

,