5 Fakta Kanker Testis

Klinik Tramedica | 19.30.00 |

Salah satu penyakit kanker yang hanya bisa dialami pria adalah kanker testis yang terjadi saat sel testikular menjadi abnormal pada salah satu testis atau keduanya. Pesepeda Lance Armstrong pernah terkena kanker testis yang sudah menjalar hingga ke paru-paru, perut, dan otaknya. Namun, Lance Armstrong berhasil melawan kanker testis setelah melakukan berbagai pengobatan. Apa saja yang perlu diketahui mengenai kanker testis? Simak 5 fakta kanker testis berikut ini. 

Apakah Kanker Testis?

Testis merupakan tempat penyimpanan sperma serta penghasil hormon testosteron pada pria yang mengontrol sistem reproduksi. Terdapat dua jenis kanker testis, yaitu tipe seminomas dan nonseminomas. Perbedaannya adalah pertumbuhan dan penyebaran kanker. Jenis nonseminomas cenderung cepat tumbuh dan tersebar, sementara seminomas lebih sensitif terhadap radiasi. 

Apa Penyebab Kanker Testis?

Sampai saat ini, tidak ada penyebab pasti kanker testis. Namun adanya kondisi cryptorchidism atau testis yang tidak terletak pada tempatnya, cacat lahir pada organ seperti ginjal maupun penis, serta adanya riwayat kanker testis dalam keluarga, atau pernah menderita kanker di salah satu testis bisa dikategorikan sebagai penyebab kanker testis.

Apa Saja Gejala Kanker Testis?

Kanker testis dapat dikenali pertama kali saat muncul benjolan atau bengkak pada testis, rasa sakit atau tidak nyaman pada testis, pembesaran pada testis, rasa sakit pada perut, punggung, maupun area tempat kelamin berada, serta adanya pengumpulan cairan pada area skrotum. 

Apa Saja Pemeriksaan Kanker Testis?

Biasanya akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasound, tes darah untuk mengukur penanda tumor, serta pemeriksaan riwayat kesehatan pasien dan kondisi fisik pasien. Saat ini, pemeriksaan biopsi tidak rutin dilakukan sebab biopsi bisa mempercepat penyebaran kanker bila kanker ternyata ganas. 

Apa Saja Terapi untuk Kanker Testis?

Dapat dilakukan operasi berupa radical inguinal orchiectomy di mana salah satu atau kedua testis diangkat, terapi radiasi, serta kemoterapi. Efek sampingnya adalah ketidaksuburan serta masalah dalam performa seksual. Setelah menjalani berbagai perawatan, diperlukan pemeriksaan lanjutan dengan memeriksakan darah hingga CT-scan karena kanker testis rentan kembali terjadi. 

,

Herbal Ekstrak

product 1

Bahan baku herbal Tramedica berstandar internasional. "Dibuat dengan teknologi mutakhir dan berkualitas tinggi." Racikan dilakukan sendiri oleh Ratu Givana mematikan sel kanker dan mengikis masa tumor.

Berpengalaman

product 1

"Ratu Givana lahir di keluarga praktisi herbal. " Berpengalaman 17 tahun lebih di pengobatan tradisional, khususnya kanker dan tumor. Mengobati penyakit pra-cancer, maupun kanker pasca operasi dan kemoterapi.

Konsultasikan

product 1

Layanan Konsultasi bisa dilakukan di tiap cabang Tramedica. Konsultasikan keluhan Anda dan cegah kanker sejak dini untuk memperoleh pengobatan secara tepat dan cepat. Hubungi 0812 9710 2727 - 0815 927 2727

close
Banner iklan disini