Ladies, Waspadai Adanya Kista Dalam Ovarium

Klinik Tramedica | 18.40.00 |

www.kliniktramedica.net - Ovarium adalah dua organ kecil yang terletak disamping uterus (rahim) wanita. Ovarium berperan dalam pembuatan hormon, termasuk hormon estrogen yang memicu terjadinya menstruasi. Setiap bulannya, ovarium melepaskan sel telur, yang kemudian turun ke tabung fallopian untuk dibuahi. Proses pelepasan sel telur ini disebut juga dengan ovulasi.
Kista ovarium atau pembesaran ovarium terjadi akibat adanya cairan yang memenuhi ovarium, umumnya terjadi pada masa-masa subur.

Gejala kista ovarium adalah :
  • Nyeri atau kembung disekitar perut.
  • Susah atau justru terlalu sering buang air kecil.
  • Nyeri dipunggung bagian bawah.
  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri yang amat sangat saat mengalami menstruasi dan pendarahan yang tidak biasa.
  • Berat badan bertambah.
  • Mual dan muntah.
  • Mudah merasa kenyang dan tidak selera makan.
Contoh tes yang dapat dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya kista ovarium adalah ultrasound, MRI dan pengecekan kadar hormon.
Kista ovarium dapat hilang dengan sendirinya, namun harus tetap diawasi. Lakukan pemeriksaan kembali setelah satu sampai tiga bulan berikutnya untuk melihat kemungkinan adanya perubahan pada kista. Jika tidak ada perubahan dan kista mulai menimbulkan nyeri, mungkin dapat dilakukan tindakan lebih lanjut, misalnya pembedahan.

, ,